Resep Rumahan Tumis Tofu Saus Tiram Mudah dan Murah

Hai, sahabat-sahabat yang selalu setia di dapur! Bagaimana kabar hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik dan bersemangat untuk menyajikan hidangan lezat untuk keluarga tercinta. Kali ini, Ibu akan berbagi resep "Tumis Tofu Saus Tiram" yang pasti akan menjadi favorit semua anggota keluarga. Resep ini sangat cocok sebagai pilihan menu sehari-hari yang lezat, sehat, dan tidak membuat kantong bolong.


Bahan-Bahan yang Diperlukan:

- 300 gram tofu, potong dadu kecil

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 1 buah bawang bombay, iris tipis

- 2 sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan kecap manis

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

- Daun seledri untuk hiasan (opsional)


Cara Membuat Tumis Tofu Saus Tiram yang Menggugah Selera:

1. Persiapan Tofu:

Pertama-tama, potong tofu menjadi dadu kecil. Tofu bisa Anda peras terlebih dahulu untuk menghilangkan kelembaban agar lebih garing saat digoreng.

2. Goreng Tofu:

Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng potongan tofu hingga kuning keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan tofu pada kertas dapur untuk menghilangkan sisa minyak.

3. Tumis Bawang Putih dan Bawang Bombay:

Gunakan sedikit minyak baru dalam wajan, kemudian tumis bawang putih cincang dan bawang bombay iris hingga harum dan layu.

4. Tambahkan Tofu:

Setelah bawang putih dan bawang bombay harum, masukkan potongan tofu yang sudah digoreng. Aduk rata dengan bawang dan biarkan tofu sedikit berwarna kecoklatan.

5. Bumbui dengan Rasa:

Tuangkan saus tiram dan kecap manis ke dalam wajan. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera. Aduk kembali agar semua bumbu meresap ke dalam tofu.

6. Sajikan dengan Hiasan Seledri:

Setelah semua bahan matang dan bumbu meresap, angkat dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Untuk memberikan sentuhan segar, Ibu bisa menambahkan hiasan daun seledri di atasnya.


Tips Ibu:

  • Untuk varian rasa yang lebih kaya, Ibu bisa menambahkan sedikit kecap asin atau sedikit merica bubuk sesuai selera keluarga.
  • Jika ingin tekstur tofu yang lebih krispi, Ibu bisa menambahkan tepung maizena pada tofu sebelum digoreng.


Tumis Tofu Saus Tiram adalah hidangan yang sehat, hemat, dan pastinya menggugah selera. Dengan bahan-bahan yang sederhana, Ibu bisa menciptakan hidangan lezat yang disukai oleh semua anggota keluarga. Selamat mencoba, sahabat-sahabat! Jangan lupa untuk selalu menyiapkan masakan dengan cinta, karena cinta adalah bumbu terbaik.