Resep Rumahan Tumis Jamur Sosis Mudah dan Murah

Halo, sahabat-sahabat yang selalu setia di dapur! Bagaimana kabar hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan bersemangat untuk menciptakan hidangan lezat untuk keluarga tercinta. Kali ini, Ibu akan berbagi resep "Tumis Jamur Sosis" yang pasti akan menjadi menu favorit semua anggota keluarga. Resep ini sangat cocok sebagai hidangan sehari-hari yang lezat, praktis, dan ramah di kantong.


Bahan-Bahan yang Diperlukan:

- 200 gram jamur, iris tipis

- 4 buah sosis, iris serong

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 1 buah bawang bombay, iris tipis

- 1 buah paprika merah, potong dadu kecil

- 2 sendok makan saus tomat

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Merica secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

- Daun peterseli untuk hiasan (opsional)


Cara Membuat Tumis Jamur Sosis yang Menggugah Selera:

1. Persiapan Bahan:

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Iris tipis jamur, potong sosis menjadi irisan serong, cincang bawang putih, iris tipis bawang bombay, dan potong dadu kecil paprika merah.

2. Tumis Bawang Putih dan Bawang Bombay:

Panaskan sedikit minyak dalam wajan, lalu tumis bawang putih cincang dan bawang bombay iris hingga harum dan layu.

3. Tambahkan Sosis:

Setelah bawang putih dan bawang bombay harum, masukkan irisan sosis ke dalam wajan. Aduk rata dengan bawang dan biarkan sosis sedikit berwarna kecoklatan.

4. Masukkan Jamur dan Paprika Merah:

Tambahkan irisan jamur dan potongan paprika merah ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga jamur dan paprika merah mulai layu.

5. Bumbui dengan Rasa:

Tuangkan saus tomat ke dalam wajan. Tambahkan garam, gula, dan merica secukupnya sesuai selera. Aduk kembali agar semua bumbu meresap ke dalam masakan.

6. Sajikan dengan Hiasan Peterseli:

Setelah semua bahan matang dan bumbu meresap, angkat dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Untuk memberikan sentuhan segar, Ibu bisa menambahkan hiasan daun peterseli di atasnya.


Tips Ibu:

  • Jika suka, Ibu bisa menambahkan keju parmesan parut sebagai hiasan di atas hidangan ini untuk rasa yang lebih kaya.
  • Tumis jamur dan sosis dalam minyak yang cukup panas untuk mendapatkan hasil yang lebih renyah.


Tumis Jamur Sosis adalah hidangan yang praktis, ekonomis, dan pastinya menggugah selera. Dengan bahan-bahan yang sederhana, Ibu bisa menciptakan hidangan lezat yang disukai oleh semua anggota keluarga. Selamat mencoba, sahabat-sahabat! Jangan lupa untuk selalu menyiapkan masakan dengan cinta, karena cinta adalah bumbu terbaik.