Resep Rumahan Telur Sambal Balado Mudah dan Murah  

Hai, sahabat-sahabat yang selalu setia di dapur! Bagaimana kabar hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik dan siap untuk mencoba hidangan lezat yang akan Ibu bagikan kali ini. Kali ini, Ibu ingin berbicara tentang hidangan yang selalu menggugah selera dan penuh kelezatan, yaitu "Telur Sambal Balado." Hidangan ini sangat cocok untuk menjadi lauk utama yang menggoda selera di meja makan keluarga.


Bahan-Bahan yang Diperlukan:

- 6 butir telur, rebus dan kupas

- 5 buah cabai merah besar, iris tipis (sesuai selera pedas)

- 3 buah cabai rawit (untuk tingkat pedas yang lebih)

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 2 buah bawang merah, cincang halus

- 2 buah tomat, potong dadu kecil

- 2 lembar daun salam

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Telur Sambal Balado yang Menggugah Selera:

1. Persiapan Awal:

Pertama-tama, rebus telur hingga matang dan kupas. Kemudian, iris tipis cabai merah besar dan cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Cincang halus bawang putih dan bawang merah.

2. Tumis Bawang dan Cabai:

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna kecoklatan.

3. Tambahkan Cabai:

Masukkan irisan cabai merah besar dan cabai rawit ke dalam wajan. Tumis hingga cabai layu dan harum. Pastikan tingkat kepedasannya sesuai dengan selera keluarga.

4. Masukkan Tomat dan Daun Salam:

Tambahkan potongan tomat dan daun salam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi lembut dan bumbu meresap.

5. Tambahkan Telur:

Setelah bumbu dan tomat matang, masukkan telur rebus ke dalam wajan. Aduk perlahan agar telur terbalut dengan bumbu dan saus sambal balado.

6. Bumbui dengan Rasa:

Beri garam dan gula secukupnya sesuai selera. Aduk kembali agar semua bumbu meresap ke dalam telur dan saus sambal balado.

7. Sajikan dengan Cinta:

Setelah semua bahan matang dan bumbu meresap, angkat dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Jangan lupa untuk menjadikan hidangan ini lebih menarik dengan hiasan daun salam di atasnya.


Tips Ibu:

  • Untuk varian rasa yang lebih kaya, Ibu bisa menambahkan sedikit terasi atau kecap manis.
  • Jika suka, Ibu bisa menambahkan potongan kentang goreng sebagai pelengkap yang nikmat.


Telur Sambal Balado adalah hidangan yang menggugah selera dengan paduan pedas yang pas dan gurihnya telur. Dengan bahan-bahan sederhana, Ibu bisa menyajikan hidangan istimewa ini untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba, sahabat-sahabat! Jangan lupa untuk selalu menyiapkan masakan dengan cinta, karena cinta adalah bumbu terbaik.