Assalamualaikum, sahabat-sahabat semua! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Hari ini, Ibu ingin berbagi resep masakan yang pasti akan membuat keluarga kita lahap, yaitu "Tumis Buncis Udang." Masakan yang satu ini sangat cocok untuk hidangan sehari-hari dan tentunya disukai oleh si kecil hingga yang dewasa. Nah, mari kita mulai memasak dengan bahasa yang santai ala Ibu-Ibu yang penuh cinta.


Bahan-Bahan yang Diperlukan:

- 100 gram udang loreng, kupas dan bersihkan

- 100 gram baby buncis, iris serong

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Penyedap rasa sesuai selera

- 1 buah cabai merah besar, iris serong

- 1 buah cabai hijau besar, iris serong


Bumbu Halus yang Diperlukan:

- Cabai rawit sesuai selera (untuk tingkat pedas yang sesuai dengan selera keluarga)

- Cabai keriting (sesuai selera)

- 2 siung bawang putih

- 4 butir bawang merah


Cara Membuat Tumis Buncis Udang yang Lezat:

1. Persiapan Awal:

Pertama-tama, Ibu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kupas udang dengan cermat dan bersihkan. Iris buncis serong-selong agar tampak lebih menarik. Potong juga cabai merah dan cabai hijau menjadi irisan serong yang cantik.


2. Bumbu Halus:

Langkah berikutnya adalah menyiapkan bumbu halus. Ibu dapat menggunakan cabai rawit dan cabai keriting sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Kemudian, haluskan bawang putih dan bawang merah dengan bantuan blender atau ulekan.


3. Tumis Bumbu Halus:

Panaskan sedikit minyak di wajan. Kemudian, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan sedikit air jika perlu agar bumbu tidak gosong.


4. Tambahkan Buncis dan Cabai Hijau:

Setelah bumbu halus harum, masukkan irisan buncis dan cabai hijau. Tambahkan gula, garam, dan penyedap secukupnya. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam buncis dan cabai.


5. Masukkan Udang: 

Terakhir, masukkan udang yang telah dibersihkan ke dalam wajan. Masak udang hingga berubah warna menjadi merah dan matang sempurna. Pastikan tidak overcook agar tekstur udang tetap lembut dan juicy.


6. Sajikan dengan Cinta:

Setelah tumisan buncis dan udang sudah matang, angkat dari wajan dan sajikan di atas piring saji kesayangan keluarga. Pastikan tampilannya menarik dengan hiasan cabai merah dan cabai hijau yang membuatnya semakin menggugah selera.


Nah, itulah resep Tumis Buncis Udang ala Ibu-Ibu yang lezat dan mudah untuk disiapkan di rumah. Selamat mencoba, dan semoga masakan ini dapat membuat keluarga tersenyum bahagia. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan tingkat pedas dan penyedap sesuai dengan selera keluarga ya. Selamat menikmati hidangan istimewa ini, sahabat-sahabat!

Referensi:

https://ckan.energydata.rd.tuni.fi/uploads/user/2023-09-22-041518.038419Jurnal-Nasi-Goreng.html